Search Article

===WELCOME===

Selamat datang di thecrusher36.blogspot.com
Silahkan nikmati postingan-postingan saya, semoga bermanfaat.
Terima kasih, dan selalu kunjungi TheCrusher36.

CATEGORY

Blog Archive

Chat with Me!

Member

Minggu, 21 November 2010

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas Cara Mengaktifkan Font Japanese di Windoes XP. Sekarang kita akan lanjutkan dengan Cara Menulis Dengan Tulisan Jepang di Windows XP.

Mau tau caranya? ikutin aja langkah-langkah nya...
Ayo kita mulai....

Setelah font Japan telah selesai di install, sekarang kita akan melakukan setingan agar dapat menuliskan tulisan Jepang. Bagi yang font Jepang nya belum terinstall, silahkan baca di sini.

Langkah pertama, buka Control Panel-Regional and Language Options. Atau dengan cara lain, Start-Run, dan ketikkan "intl.cpl" tanpa tanda kutip. Dan pada window yang muncul, klik pada tab Languages, dan klik Details.



Nah, sekarang akan muncul window baru. Disana akan terlihat daftar bahasa yang dapat digunakan pada komputer. Sekarang kita akan menambahkan bahasa Jepang ke dalam list tersebut. Di sana klik Add.



Kemudian pada window yang muncul pilih input Language nya Jepanese, dan pastikan Keyboard input nya Microsoft IME Standard 2002 ver. 8.1, dan klik OK.



Dan Bahasa Jepang pun telah ditambahkan ke dalam list. Sekarang pilih Japanese-Microsoft IME Standard 2002 ver. 8.1 sebagai Default Input Language dan OK.



Nah, sekarang komputer kita sudah siap untuk mengetik dengan tulisan Jepang.
Untuk cara mengetiknya, sekarang kita cobakan dengan aplikasi Windows yaitu Notepad. Buka notepad dan sekarang cobakan mengetik. Huruhnya masih seperti kita mengetikkan alfabet biasa.
nah, untuk mengetikkan Japanese nya, tekan keyboard shortcut nya Alt + ` (tombol di bawah tombol Esc). dan sekarang coba ketik kata bahasa Jepang dengan huruf biasa pada keyboard, misalkan watashi, maka akan muncul dengan huruf-huruf Hiragana. Untuk merubah nya ke Katakana atau kanji, tekan spasi maka akan muncul menu dropdown yang menampilkan daftar tulisan katakana dan Kanji dari kata yang kita ketikkan.



Klik atau tekan enter pada tulisan yang di inginkan, dan tekan enter jika pengetikan telah selesai.

Begitulah cara untuk menegtik Japenese pada Windows XP, untuk merubah pengetikan kembali ke alfabet biasa tekan kembali Keyboard Shortcut nya Alt + ` .

Semoga postingan ini membantu anda. Silahkan beri komentar atau jika ada pertanyaan pada kotak komentar di bawah.



Share this article

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.